Dengan begitu banyaknya gadget smartphone di pasaran akhir-akhir ini, teknologi otomatisasi yang lengkap rasanya bukan hanya sekedar impian belaka. Aplikasi Google Home sudah disinkronkan dengan semua lampu, kamera, AC, dan semuanya bisa kamu kontrol meskipun kamu tidak berada di dalam rumah. Dengan beberapa perubahan baru pada fitur Routines, mengaktifkan smarthome tersebut akan jauh lebih mudah ketika kamu meninggalkan rumah.

Baca Juga:

Beberapa Perubahan yang Hadir di Routines

Google Home Routine menambahkan fitur “presence sensing” pada tahun lalu, yang mana fitur bekerja melalui penggunaa pelacakan lokasi dan beberapa trik WI yang mendeteksi ketika sebuah rumah kosong untuk mematikan lampu, menurunkan atau menaikkan suhu ruangan, dan mengaktifkan kamera CCTV tersembunyi dengan baik. Hal ini memang sangat luar biasa, dimana kita bisa menghemat penggunaan dan energi perabotan rumah dengan efektif.

Seperti yang diberitakan dari 9to5Google, sebuah starter baru dengan fitur arriving dan leaving yang akan memberikan kamu kontrol yang fungsinya mirip dengan presence sensing, tetapi dengan hasil yang lebih baik. Fitur arriving dan leaving ini masih menggunakan data lokasi untuk menjalankan daftar tindakan yang telah dipilih sebelumnya, tetapi bukannya mengandalkan smartphone kamu untuk menebak kapan kamu meninggalkan rumah, kamu dapat mengatur tujuan tertentu untuk memicu perintah.

Misalnya, jika kamu ingin memastikan lampu menyala beberapa menit sebelum tiba di rumah, menyetel lokasi terdekat di perjalanan kamu dapat meluncurkan tindakan tersebut. Bisa dibilang, ini jauh lebih konkret daripada kita menggunakan smartphone ketika kita sudah sampai di rumah, dan kamu bahkan dapat sebuah notifikasi bahwa fitur Routines telah berjalan.

Fitur ini sudah aktif di aplikasi Google Home dan di pengaturan Google Asisten, jadi jika kamu ingin mulai berkesperimen dengan perintah berbasis lokasi, kamu bisa mengupgrade aplikasi tersebut dan mencoba fitur routines terbaru tersebut.

Oke, itu tadi berita terbaru seputar update dari Google Asisten dan Google Home, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.