Mungkin kita sudah banyak mendengar tentang Material You, tampilan super personal baru yang diperkenalkan Google untuk Android 12. Dengan cepat Material You ini muncul sebagai aktor utama dalam perilisan smartphone Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, dan tentunya banyak aplikasi Google yang telah menerima desain ulang Material You masing-masing.

Baca Juga:

Detail-Detail Mengenai Dokumentasi Untuk Desain Telah Tersedia

Namun, untuk hal tentu sangat disayangkan karena aplikasi belum sepenuhnya bisa menggunakan Material You selain dari beberapa aplikasi menambahkan dynaming wallpaper theming. Akan tetapi baru-baru ini Google telah secara resmi merilis dokumentasi yang dapat digunakan pengembang untuk mengimplementasikan Material You di aplikasi mereka.

Google memiliki portal Material Design 3 baru yang mencolok untuk pengembang yang ingin menggunakan tampilan ini untuk aplikasi mereka. Ini adalah pertama kalinya kita mendengar label Material Design 3 yang mengacu pada Material You.

Tetapi ini sebenarnya masuk akal mengingat apa yang akhirnya diketahui sebagai Material Theming di Android 9 Pue adalah Material Desain 2, dan ini adalah sebuah evolusi yang dibawah oleh Google. Para pengembang dapa memeriksa berbagai sumber daya, termasuk yang paling penting adalah menerapkan dynamic color untuk aplikasi mereka.

Selain itu, situs ini menawarkan petunjuk pengembang tentang token desain yang dibuat untuk membantu memastikan konsistensi warna dan tata letak di seluruh aplikasi yang dibuat. Dukungan layar lebar yang tepat untuk smartphone, tablet, dan smartphone foldable juga merupakan peningkatan yang menonjol dari Material Design versi sebelumnya.

Yang terakhir itu sebagian dapat dikaitkan dengan Android 12L, yang diumumkan kemarin yang mendukung smartphone foldable yang lebih baik. Mengingat bagaimana pedoman ini tidak menghindar dari layar besar dan sekarang memberikan panduan yang tepat pada mereka, dan Android 12L juga kebetulan mendukung layar besar, tidak sulit untuk menyatukan hal-hal ini. Dengan bahasa desain baru dari Google yang berfungsi secara maksimal, dan mungkin inilah saatnya untuk melibatkan para pengembang aplikasi pihak ketiga.

Jika kamu merupakan seorang developer dan tertarik untuk menambahkan support Material You pada aplikasi yang kamu buat, kamu bisa mengeceknya secara lebih lengkap di portal Material Design 3 yang link-nya aku sediakan pada link dibawah ya.

Oke, itu tadi berita teknologi seputar Android 12 dan material you, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.