Google membuat sebuah pertunjukan besar dari widget ketika Android 12 akhirnya tiba di smartphone Pixel minggu lalu. Beberapa dari widget tersebut hadir selama beta pada sekitaran bulan Juni hingga September, tetapi ada beberapa pilihan yang hanya bisa dilihat di preview dan materi pemasaran. Berbarengan dengan peluncuran Pixel 6 pada beberapa minggu kemarin, beberapa widget Material You baru sekarang tersedia untuk perangkat Android 12.

Baca Juga:

Memories dan Google Drive Mendapatkan Jatah Widget

Yang pertama adalah widget memories baru untuk Google Photos, sesuatu yang mungkin pertama kali kita lihat di preview minggu lalu. Meskipun koneksi ke foto cukup jelas, sulit untuk mengatakan dengan tepa apa yang telah dibawanya ke homescreen.

Nah, jangan heran apapun bentuk yang kamu pilih, widget Memories akan menghadirkan semua koleksi tersebut dari aplikasi langsung ke smartphone kamu. Dengan lingkaran, kotak, persegi panjang, dan bahkan bentuk X yang kamu pilih, semua foto keluarga dan tayangan slide liburan dapat ditampilkan di luar aplikasi.

Tool baru yaitu “Suggested files” akan hadir di Google Drive, membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk menemukan unggahan dan dokumen terbaru kamu. Widget ini bukan berbentuk X seperti yang kita lihat di bulan September yang lalu, sebagai gantinya, ini adalah daftar file yang dapat dicari, lengkap dengan tautan ke konten tertentu.

Seperti widget terbaru Google lainnya, widget ini sepenuhnya kompatibel dengan Material You, menyinkronkan warna apapun yang saat ini ditampilkan di background. Ada juga shortcut untuk mengunggah file baru langsung ke penyimpanan cloud kamu, bisa dibilang ini adalah fitur yang sangat bermanfaat tergantung dari alur kerja kamu.

Kedua widget ini akan tersedia bagi para pengguna mulai hari ini, bersamaan dengan shortcut lainnya yang diperkenalkan Google selama dua bulan terakhir. Ini tampaknya merupakan pembaruan sisi server, jadi mungkin perlu beberapa hari untuk muncul ke semua orang.

Oke, itu tadi berita teknologi tentang widget serta Android 12 di smartphone, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.