Menulis mungkin adalah tindakan yang seringkali dilakukan oleh manusia, entah itu menulis pesan, pembaruan status, postingan singkat, atau membuat e-mail formal. Tentunya kita tidak luput dari typo ketika nulis (saya pun juga sering begitu). Pastinya, jika tulisan kita mengandung kesalahan ejaan dan tata bahasa, itu dapat mempengaruhi kualitas tulisan kita. Kredibilitas kita mungkin saja ternodai dan mungkin saja malah membuat mereka kehilangan minat untuk membaca. Kali ini, aku akan merekomendasikan beberapa aplikasi grammar checker terbaik di Android, langsung saja kita masuk ke daftar lengkapnya ya.

Baca Juga:

1. Grammarly Keyboard

Bisa dibilang Grammarly Keyboard akan menggantikan keyboard default smartphone kamu dan membantu mendeteksi kesalahan. Jika kamu seringkali menulis e-mail bisnis dan pesan formal lewat smartphone, mungkin aplikasi Grammarly Keyboard ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk kamu. Bagian terbaik dari aplikasi ini menawarkan aplikasi dan ekstensi untuk Android, iOS, PC, dan browser web seperti Chrome contohnya. Jadi kamu akan mendapatkan seluruh rangkaian untuk meningkatkan teks kamu dimanapun ketika kamu menulis sesuatu. Versi gratis dari Grammarly Keyboard sudah mempunyai fitur yang cukup kuat. Dimana kamu bisa memperbaiki kesalahan tata bahasa, ejaan, dan tanda baca kamu melalui deteksi kesalahan AI real time yang sangat akurat. Jika memang kamu menggunakan kegiatan sehari-hari, mungkin versi gratis dari aplikasi ini sudah lebih dari cukup. Download Grammarly Keyboard.

2. Ginger Keyboard

Ginger Keyboard adalah aplikasi grammar checker gratis dengan lebih dari lima juta unduhan. Aplikasi ini memiliki rating 4.3 yang bisa dibilang sangat sehat di Google Ploy, dan sejauh ini aplikasi inilah yang mempunyai rating tertinggi di dalam daftar ini. Kamu dapat menggunakan Ginger sebagai pengganti aplikasi kamus, penerjemah, dan keyboard karena tiga fitur tersebut hadir di dalam Ginger Keyboard ini. Cuma versi gratis dari aplikasi mempunyai cukup banyak batasan dibandingkan dengan versi berbayarnya. Aplikasi ini memberlakukan batas 600 teks per cek. Namun, kamu dapat memeriksa kesalahan sebanyak yang kamu inginkan jika kamu memasukkan 600 karakter setiap kalinya. Selain itu, kamu mendapatkan koreksi yang bertenaga AI secara real-time, dan saran penulisan ulang yang cerdas dan gratis. Jika memang kamu membutuhkan aplikasi ini untuk profesional mungkin aku menyarankan kamu menaikkan ke level premium karena mempunyai lebih banyak fitur. Download Ginger Keyboard.

3. Proofreader

Proofreader adalah aplikasi grammar checker and spelling yang lebih berfokus pada privasi. Rating dari aplikasi ini berada di kisaran 3,9 yang menjadikan aplikasi cukup bagus untuk kamu gunakan. Untuk saat ini, biasanya peretas menggunakan malware keylogging untuk melacak penekanan tombol dan mencuri kata sandi perbankan atau akun sosial media. Proofreader akan melindungi dari serangan semacam itu karena mereka tidak akan menyiman data kamu ata memerlukan izin sistem apapun. Tidak seperti dua aplikasi diatas, Proofreader bukanlah aplikasi keyboard, melainkan aplikasi text editor dengan kemampuan grammar checking yang powerful. Versi gratisnya memiliki semua fitur seperti pemeriksaan, tata bahasa, ejaan, dan tanda baca. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan penerjemah, serta kamus. Tidak hanya itu saja aplikasi ini memiliki fitur pembaca teks yang sangat membantu kamu dalam mempelajari pengucapan. Download Proofreader.

4. Scribens

Scribens adalah aplikasi keyboard yang juga berfokus pada privasi dengan beberapa fitur grammar checker yang cukup baik. Jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi diatas, mungkin Scribens ini mempunyai aplikasi yang kurang solid, karena biasanya mereka kesulitan untuk memulai aplikasi. Akan tetapi, jika kamu mengikuti petunjuk di layar dengan benar, maka kamu dapat membuatnya berfungsi dan menikmati layanannya. Aplikasi Scribens ini menggunakan algoritma khusus untuk memperbaiki berbagai jenis kesalahan penulisan dan juga menyediakan data statistik seperti jumlah kata, paragraf, dan kalimat. Scribens mengklain bahwa mereka 10 kali lebih akurat daripada editor Microsoft Word. Aplikasi ini juga secara halus mengajarkan kamu konsep dasar keterampilan menulis dalam bahasa Inggris saat kamu menulis. Kamu juga aman dengan enkripsi SSL dan menggunakan server yang dilindungi pastinya akan memberikan keamanan tingkat tinggi untuk data kamu. Aplikasi Scribens ini mengoreksi lebih dari 250 jenis kesalahan penulisan dan memiliki ketersediaan multi-platform. Download Scribens.

5. Linguix

Terakhir ada aplikasi Linguix yang juga merupakan aplikasi berbasis keyboard yang relatif baru dibandingkan dengan aplikasi lain di dalam daftar ini. Aplikasi ini masih terus akan berkembang, dan para pengembang akan terus melakukan peningkatan terhadap aplikasi ini. Aplikasi ini memiliki database untuk pemeriksaan kesalahan yang berisi jutaan aturan. Salah satu motifnya adalah untuk membantu penutur bahasa Inggris non-native agar lebih bisa mahir dalam penulisan. Aplikasi ini juga menawarkan fitur keamanan yang baik karena tidak menyimpan data apapun. Linguix membantu agar tulisan kamu diperiksa di Gmail, WhatsApp, dan situs media sosial lainnya yang menawarkan rekomendasi bermanfaat. Dengan Linguix, kamu mendapatkan sekitar 2.700 grammar checker, serta style checker. Selain itu, aplikasi juga akan memberikan beberapa insights dan readability score. Ada banyak fitur yang bisa kamu gali dan gunakan untuk aplikasi Linguix ini, meskipun baru akan tetapi aplikasi ini cukup powerful dan recommended untuk kamu instal. Download Linguix.

Oke itu tadi rekomendasi aplikasi grammar checker terbaik sejauh ini di Android, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua. Jika kamu ada saran dan ingin berdiskusi tentang game atau aplikasi apa yang ingin dibahas kamu bisa komentar di kolom di bawah ya, terima kasih!.

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.