Google telah merilis security patch pada bulan November di awal pekan ini, dan ada sebuah berita menyedihkan dimana smartphone Google Pixel 3 dan Google Pixel 3 XL hilang dari daftar pembaruan security patch tersebut. Sebenarnya ini merupakan hal yang tidak mengherankan karena smartphone tersebut mencapai batas waktu security update pada bulan Oktober 2021 kemarin. Dan Google pun telah mengonfirmasi jika kedua perangkat tersebut akan menerima update terakhirnya pada awal kuartal pertama di tahun depan.

Baca Juga:

Akhir Dari Pixel 3 dan Pixel 3 XL

Seperti yang kita tahu, seri Pixel 3 juga bukan bagian dari program beta Android 12L yang akan datang, dan lebih lanjut menegaskan bahwa perangkat tersebut telah secara efektif mencapai masa pakainya dalam hal pembaruan software.

Google juga telah melakukan hal serupa terhadap smartphone seri Pixel 2, yang mana smartphone tersebut mendapatkan pembaruan terakhir yang dijamin pada Oktober 2020. Lalu Google meluncurkan pembaruan lain untuk mereka pada bulan Desember 2020, untuk membenahi beberapa bug dan eksploitasi keamanan.

Hal yang sama akan terjadi dengan seri Pixel 3, meskipun kemungkinannya pembaruan terakhir akan hadir pada awal kuartal pertama di tahun 2022. Ini akan memberikan Google banyak waktu untuk menghapus semua bug yang dilaporkan dan memastikan pengalaman pengguna yang stabil. Selain itu, semua eksploitasi keamanan utama juga akan diperbaiki berbarengan dengan perangkat Pixel lainnya dalam pembaruan terakhir tersebut.

Mundur kebelakang, Pixel 3 dan 3 XL pertama kali diluncurkan pada Oktober 2018, dan ditenagai oleh chipset Snapdragon 845 dan mengemas RAM sebesar 4 GB. Bisa dibilang, Google mengadopsi cara Samsung yang menyediakan update dengan pembaruan triwulanan selama satu tahun, tentu saja ini merupakan cara yang sangat baik untuk memelihara smartphone asuhan mereka.

Setelah Google Pixel 3 dan 3 XL, seri Pixel 3a dan Pixel 3a XL, berada di urutan berikutnya untuk mencapai titik akhir dukungan update software pada bulan Mei 2022. Perangkat-perangkat tidak akan menjadi bagian dari program beta Android 12 L, jadi masih harus dilihat apakah mereka akan mendapatkan pembaruan OS terakhir ini atau tidak.

Oke, itu tadi berita teknologi seputar smartphone Google Pixel, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.