Baik di desktop maupun smartphone, Google Chrome merupakan browser paling dominan di dunia dengan menguasai hampir 70% pasar. Jika kamu merupakan tipikal pengguna yang sadar akan privasi, mungkin kamu tidak terlalu nyaman menggunakan browser ini karena mereka akan memberikan banyak informasi ke Google. Mungkin mereka tidak menggunakan informasi tersebut untuk menjual iklan, tapi seperti yang ktia tahun track-record Google memang hampir “beda-tipis” dengan Facebook. Akan tetapi Google membuat sebuah panduan privasi baru ke Chrome, dan diharapakn hal ini akan mengurangi kekhawatiran pengguna Google Chrome terhadap privasi.

Baca Juga:

Kamu Bisa Melihat Data Apa Saja yang Telah Diberikan

Seperti yang dilansir dari Techdowns, mereka melaporkan bahwa fitur tersebut telah ditambahkan ke Chrome sebagai flag, yang berarti kamu dapat mengujinya atau sekedar melihat apa yang ditawarkan oleh fitur tersebut.

Panduan Privasi ini akan tersedia di menu pengaturan aplikasi dengan masuk ke subbagian Privacy and Security. Ini akan memungkinkan kamu untuk meninjau pengaturan aplikasi yang berbeda, dan memberi tahu kamu fungsi dan tujuan dari fitur tersebut serta apa yang telah kamu kirim ke Google untuk membuat fitur tersebut berfungsi. Jika ada sesuatu yang tidak sesuai atau tidak kamu harapkan, kamu dapat menonaktifkannya dari menu.

Fitur ini tersedia di bawah tanda #privacy-review untuk semua pengguna Chrome, akan tetapi dalam pengujian berbeda ada beberapa user yang mempunyai cara yang berbeda dalam mengakses panduan privasi ini. Meskipun mereka mengakses #privacy-review, para user tersebut hanya mendapatkan sebuah layar yang kosong. Ada pula pengguna yang mengaktifkannya di flag (chrome://flags), sebaliknya ada juga beberapa user yang gak bisa menemukan hal tersebut.

Meskipun terlepas dari belum stabilnya fitur ini, bisa dibilang ini adalah langkah yang patut diapresiasi untuk Chrome. Tentunya, sebuah privasi adalah sebuah hak yang harus dilindungi oleh pihak developer dan bukannya dieksplotasi seenaknya. Tetapi yang pasti, ini adalah sebuah langkah yang positif yang harus terus dikawal hingga fitur ini hadir secara stable di aplikasi Google Chrome.

Lalu, bagaimana pendapat kamu tentang update Google Chrome ini?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.