Bluetooth bisa dibilang sebuah teknologi lama yang seringkali kita manfaatkan, baik untuk TWS, remote, pemakaian mouse atau keyboard, atau bahkan smartwatch. Kebanyakan dari kita tidak khawatir tentang keamanan Bluetooth, dan mereka mempercayai enkripsi yang menggagalkan serangan terhadap bluetooth tersebut. Tetapi, para peneliti di University of California San Diego telah menemukan cara untuk melacak telepon berdasarkan signal dari Bluetooth.

Baca Juga:

Peniliti Menjelaskan Tentang Penemuan ini

Para peneliti dari UCSD tersebut berfokus pada sebuah perangkat sidik jari yang berkomunikasi dengan Bluetooth Low Energy (BLE). BLE dirancang untuk mengurangi konsumsi daya Bluetooth tradisional dengan mengorbankan bandwidth serta jangkauan. Dengan tuntutan daya yang rendah, berarti perangkat yang dilengkapi BLE dapat melakukan broadcast secara konstan.

Bukannya mencoba memecahkan enkripsi data di dalam sinyal, para peneliti malah berfokus pada proses pengidentifikasian fitur unik dari sinyal radio yang disiarkan. Semua wireless transmitter mempunyai varian sinyal yang unik untuk setiap telepon. Ketidaksempurnaan ini merupakan manifestasi dalam sinyal dan dapat diisolasi dari data yang mendasarinya, hal ini akan menciptakan penanda unik (atau sidik jari) untuk perangkat broadcast.

Tapi seberapa unikkah sidik jari itu?, atau bisakah penyerang membedakan antara kamu dan teman dengan smartphone yang sama?. Ketika para peneliti di lapangan menguji teknik mereka, tingkat positif negatif palsu berada dibawah 5%. Untuk perangkat Pixel 5, mereka memiliki tingkat periksa negatif palsu sebesar 0%, yang berarti tidak pernah ada kasus ketika tidak diidentifkasi dengan benar.

Sebelum kamu berpikir bahwa ini adalah akhir adalah akhir dari privasi seperti yang kita ketahui, ada beberapa batasan signifikan pada kelayakan pelakan semacam ini. Untuk memulainya, tidak semuanya memiliki keunikan. Beberapa chipset BLE memproduksi imperfections untuk membuat identifikasi keunikan semakin sulit untuk dilakukan. Untuk sidik jari juga bisa berubah berdasarkan temperatur, dan membatasi teknik pada lingkungan yang stabil.

Jika memang hal ini menjadi concern utama kamu, dan kamu takut untuk dilacak, kamu bisa melakukan hal yang sederhana yaitu matikan bluetooth kamu, as simple as that!.

Oke, itu tadi berita seputar bluetooth, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar di bawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.