Berita teknologi terbaru datang dari Google yang secara diam-diam menyematkan fitur Adaptive Sound di Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Seperti yang kita tahu, fitur Adaptive Sound memulai debutnya tahun lalu di Pixel 5 dan Pixel 4a 5G sebagai pembaruan Feature Drop Desember 2020 kemarin. Sekarang fitur tersebut hadir di Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Baca Juga:

Fitur ini Mulai Diluncurkan Dalam Beberapa Hari Kedepan

https://twitter.com/MishaalRahman/status/1458086426399154195?s=20

Bagi kamu yang belum mengetahui fitur Adaptive Sound ini, fitur Adaptive Sound ini menggunakan mikrofon smartphone sebagai mekanisme feedback untuk meningkatkan kinerja speaker secara dinamis berdasarkan lingkungan kamu. Tentu ini adalah sebuah peningkatan yang cukup besar yang dilakukan terhadap Google Pixel 6 dan 6 Pro.

Selain itu, fitur ini dapat menyesuaikan equalizer smartphone kamu berdasarkan akustik yang dilaporkan oleh mikrofon saat memutar konten. Intinya, fitur ini dapat mengetahui cara menyesuaikan kinerja speaker agar terdengar lebih baik di lingkungan yang cukup ekstrem. Tentu saja, fitur tersebut perlu merekam audio agar berfungsi, dan semua pemrosesan terjadi di perangkat, dan proses rekaman pun tidak disimpan dalam waktu yang lama.

Meskipun smartphone Google Pixel 6 dan 6 Pro secara teknis memiliki suara stereo melalui lubang suara dan speaker bagian bawah, kinerja audio dari kedua smartphone tidak terlalu bagus, bahkan speaker depan pada seri Pixel 3 terdengar lebih baik daripada Google Pixel 6 dan 6 Pro.

Masih belum jelas apakah fitur ini akan memperbaiki “kecacatan” di bagian audio tersebut atau tidak yang diderita di seri 6, tetapi seharusnya ini akan meningkatkan kualitas audio pada lingkungan tertentu, misalnya kamu mendengarkan lagu, podcast, atau konten lain tanpa menggunakan headphone.

Seorang kontributor di Android Police menemukan fitur ini di smartphonenya pada kemarin malam, dan peluncurannya terlihat oleh lebih banyak orang pada paginya. Secara terpisah, mereka telah mengonfirmasi bahwa fitur tersebut benar-benar baru dam muncul pada Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Adaptive Sound ini sudah pasti dikendalikan oleh aplikasi Android System Intelligence (nama baru untuk layanan personalisasi perangkat pada Android 12) dan tampaknya telah memicu pembaruan dari sisi server tanpa ada pembaruan sesuai dalam satu atau dua hari terakhir. Masih belum jelas mengapa pembaruan ini tidak disematkan ketika peluncuran mereka dalam beberapa waktu yang lalu.

Para pemilik Pixel 6 dan 6 Pro dapat memanfaatkan peningkatan kinerja speaker dengan mengaktifkan fitur ini kapan saja di Settings > Sound & Vibration > Lalu pilih Adaptive Sound.

Oke, itu tadi berita teknologi seputar smartphone Google Pixel, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.