Android 12 adalah perombakan terbesar untuk sistem operasi mobile Google di tahun ini. Google telah menambahkan banyak fitur baru serta desain ulang Material You yang sangat memanjakan mata. Namun, meskipun banyak fitur di Android 12 yang baru bisa digunakan di Pixel, fitur tersebut mungkin bukan sebuah hal baru bagi para tech enthusiast, karena ada beberapa fitur Android 12 yang sudah ada di One UI loh, ayo kita bahas fitur apa saja di Android 12 yang sudah ada terlebih dahulu di One UI.

Baca Juga:

1. Scrolling Screenshots

Android 12 akhirnya menambahkan fitur scrolling screenshots dimana fitur ini hampir dimiliki setiap OEM lainnya selama bertahun-tahun. Meskipun ini adalah fitur lama bagi banyak orang, masih banyak orang yang berpikir ini adalah terobosan terbaru yang diperkenalkan Google. Pada perangkat Samsung, kamu bisa mengambil screenshot kemudian menekan panah bawah pada toolbar yang muncul.

Lalu telepon kemudan akan scroll down dan memperluas gambarnya sedikit, tetapi untuk layar yang lebih panjang, kamu harus mengetuk tombol berulang kali untuk menghasilkan full screenshot. Sedangkan di Android 12, fitur ini akan menangkap konten dari atas ke bawah dari layar dan langsung memungkinkan kamu untuk memilih berapa banyak yang diinginkan dalam gambar. Implementasi ini lebih nyaman dan efektif daripada yang diperkenalkan Samsung, dan tentu saja menghemat waktu untuk memotong screenshot nantinya.

2. Dynamic Themes

Salah satu fitur andalan dan paling mencolok di Android 12 adalah Material You, dan kemampuannya untuk menarik warna dari wallpaper dan tema, sistem operasi dan aplikasi yang kompatibel untuk dicocokkan. Samsung pun mempunyai fitur yang sama yaitu Theme Park, dengan fitur ini kamu dapat membuat tema khusus berdasarkan wallpaper, dan fitur ini juga telah hadir sejak tahun 2019.

Dari keduanya, kinerja Material You lebih dinamis daripada Theme Park, yang tidak sekonsisten Monet, memiliki proses setup manual dan tidak mengubah apapun selain aplikasi Samsung itu sendiri. Sementara itu, dynamic theme di Android 12 mulai didukung oleh aplikasi pihak ketiga sehingga akan terus berkembang. Menariknya, meskipun sudah terlebih dahulu mempunyai dynamic theme, Samsung juga tetap mengimplementasikan fitur dynamic theme ini di One UI 4, tentu ini sebuah berita yang sangat bagus.

3. On-Device Search

Smartphone Samsung telah memiliki beberapa bentuk pencarian di perangkat dalam waktu yang cukup lama, bahkan Galaxy S4 di tahun 2014 pun sudah memiliki fitur ini meskipun fitur tersebut masih belum sempurna ketika itu. Dengan S Finder, yang sekarang dikenal sebagai Finder, memungkinkan kamu untuk mencari melalui aplikasi, pengaturan, kontak, dan lainnya langsung dari laci aplikasi kamu.

Google pun telah menambahkan fungsi yang sama ke Android 12, dan bekerja dengan cara yang sama tetapi mempunyai satu keuntungan dimana kamu dapat mengaktifkan dan menonaktifkan beberapa pengaturan, seperti Wi-Fi misalnya tanpa perlu meninggalkan pencarian.

4. One-Handed Mode

Samsung bisa dibilang merupakan perusahaan yang memulai tren smartphone secara besar-besaran, jadi tidak mengherankan jika mengetahui bahwa Samsung memperkenalkan mode satu tangan di Galaxy Note 3 pada tahun 2013. Bahkan untuk sekarang dimana bentuk smartphone mulai membesar, fitur ini merupakan suatu fitur yang wajib ada.

Sayangnya, fitur One-Handed Mode di Android 12 tidak sebagus yang ada di One UI. Saat kamu menggeser navigasi bar smartphone Samsung ke bawah, konten di seluruh layar akan ditarik ke salah satu sudut layar bawah smartphone. Pada Android 12, Google telah memilih jangkauan yang mirip dengan iPhone yaitu dengan gerakan menarik ke bawah bagian atas layar.

Untuk fitur satu ini, versi Samsung mempunyai kinerja yang lebih baik. Banyak orang kesulitan untuk mencapai keyboard dengan hanya satu tangan dan bukannya hanya bagian atas smartphone. One Handed Mode Samsung bisa membuat semua bagian keyboard mudah dijangkau. Jika kamu tidak terlalu menyukai versi Samsung dan lebih menyukai versi Google, maka Samsung akan memberikan opsi untuk beralih ke One-Handed Mode dengan modul Good Lock One Hand Operation+.

5. Menyembunyikan Fungsi Power

Ketika Samsung menggabungkan Bixby dengan tombol daya pada seri Galaxy S20, hal ini jelas sedikit kontroversial dan banyak orang tidak senang akan hal ini. Dengan menahan tombol daya untuk mematikan atau restart sudah menjadi kebiasaan orang banyak dan bisa dibilang ini adalah “ritual” yang tidak boleh diganggu gugat.

Google telah memutuskan untuk mengikuti jejak Samsung di Android 12, dengan menambahkan kemampuan untuk memanggil Google Asisten dengan menekan lama tombol power. Jika kamu meningkatkan ke Android 12 pada Pixel versi lama, ini mungkin bukan sesuatu yang akan kamu alami. Tetapi jika kamu sudah memiliki Pixel 6 atau melakukan reset pabrik smartphone Pixel kamu saat menggunakan Android 12, maka fitur ini akan diaktifkan secara default.

Satu-satunya cara untuk mematikan atau me-restart smartphone kamu dengan menggunakan pengaturan cepat dan mencari tombol daya yang ada di layar. Untungnya, Samsung dan Google membiarkan kamu mematikan fitur ini dan mengembalikannya seperti smartphone biasanya.

Oke, itu tadi berbagai fitur yang hadir di Android 12 yang sudah ada di One UI, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.