Sekitar sebulan lagi, aplikasi Google Chrome akan mendapatkan update. Google baru-baru ini mempercepat siklus rilisnya dari per enam minggu menjadi per empat minggu yang memang sangat membingungkan. Selain itu, Google selalu menambahkan lebih sedikit pembaruan setiap versi browser baru, dan pada Chrome 96 di bulan ini, mereka membawa beberapa peningkatan tertentu.

Baca Juga:

Backward-forward cache untuk desktop

Menavigasi secara bolak-balik melalui tombol browser terkadang terasa sedikit lambat, terutama saat kamu berurusan dengan situs web yang memonopoli resource. Pada update Chrome 96 akan membuatnya lebih mudah bagi pengguna desktop menggunakan cache baru yang secara otomatis menyimpan situs yang baru saja kamu navigasikan ke komputer kamu.

Meskipun ini mungkin menggunakan mengonsumsi lebih banyak RAM, tetapi ini juga menghemat waktu darippada kamu menghabiskan waktu untuk menunggu saat menavigasi bolak-balik antar situs web. Meskipun seharusnya mempercepat waktu secara umum, tidak semua situs web 100% kompatibel dengan fitur ini. Sebenarnya fitur ini telah hadir di versi mobile sekitar setahun yang lalu, dan mungkin karena fitur ini banyak membantu pengguna di versi mobile, maka dari itu fitur ini hadir di versi desktop.

Per-site dark theme option

Seperti yang dilansir dari Redditor Leopeva64-2, Google telah menambahkan fitur baru dalam pengembangan ke rilis stable ini. Saat kamu mengaktifkan flag chrome://flags/#darken-websites-checkbox-in-themes-setting, kamu akan menemukan kotak centang baru di menu overflow saat kamu menggunakan mode gelap seluruh sistem, hal ini akan memungkinkan kamu untuk mengaktifkan Fitur tema gelap khusus Chrome per situs.

Patut juga menjadi catatan bahwa fitur ini berbeda dari tema gelap situs web itu sendiri. Pengalih berfungsi untuk setiap halaman web, tetapi ada kemungkinan bahwa beberapa konten mungkin terlihat rusak atau tidak terbaca, yang biasanya tidak terjadi ketika sebuah situs menawarkan mode gelap asli yang diterapkan sebelumnya.

Accessibility site zoom

Peningkatan lain untuk Google Chrome versi Android hadir dalam bentuk fitur Accesbility site zoom. Google menjelaskan bahwa opsi untuk mengatur tingkat pembesaran halaman berdasarkan situs per situs, seperti yang dapat kamu lakukan di desktop dengan menggunakan opsi Zoom di menu titik tiga pada Google Chrome di sudut kanan atas. Di Android, fitur ini masih tersembunyi di balik flag: chrome:flags#enable-accessibility-page-zoom.

Setelah diaktifkan, kamu dapat mengetuk ikon kunci (atau panah) di sebelah kiri URL untuk mengubah tingkat zoom sesuai dengan yang kamu inginkan, tanpa harus masuk ke dalam pengaturan default di Google Chrome.

Lalu, bagaimana pendapat kamu tentang update Google Chrome ini?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.