Tema berbasis wallpaper Android 12 yang populer disebut Material You memang sangat indah dan enak untuk dilihat. Namun mesin tema otomatis ini juga menciptakan beberapa masalah yang belum pernah terkadi sebelumnya, karena mengubah wallpaper kamu akan secara otomatsi memulai ulang aktivitas aplikasi kamu, karena mungkin saja mereka akan perlu mengubah warna. Perilaku ini malah dapat menyebabkan masalah drastis apalagi ketika kamu nge-game maka game kamu dapat crash karen masalah ini.

Baca Juga:

Jika Kamu Menggunakan Wallpaper yang Berubah Secara Otomatis, Hal itu yang Memancing Crash

Seperti yang dilansir dari XDA developers, mereka menjelaskan bagaimana game seperti Pokemon Go atau League of Legends: Wild Rift crash setelah mengubah wallpaper, tetapi kemungkinan ini akan terjadi terhadap lebih banyak game seperti Genshin Impact, Call of Duty: Mobile, PUBG: Mobile, dan Minecraft.

Kerusakan tampaknya juga terjadi ketika kamu keluar dari permainan, mengubah wallpaper homescreen, dan kemudian ingin melanjutkan sesi, meskipun mereka yang menggunakan aplikasi yang secara berkala mengganti wallpaper mereka secara otomatis mungkin akan mengalami masalah lebih sering daripada yang lain.

Di Google Issue Tracker, pengguna menjelaskan bahwa mengubah wallpaper di Android 12 menghasilkan perubahan konfigurasi yang memaksa aktifitas aplikasi kembali di restart. Ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa aplikasi yang terhubung ke tema Material You wallpaper akan muncul dalam warna barunya sejak awal.

Secara default, perubahan konfigurasi ini memengaruhi semua aplikasi, bahkan aplikasi yang mungkin tidak akan pernah menggunakan warna Materila You, seperti game. Biasanya, para pengembang game sudah memilih keluar dari perubahan konfigurasi yang tidak memengaruhi proyek mereka, seperti dark mode, screen rotation, dan perubahan lokal. Akan tetapi para pengembang harus ekstra hati-hati untuk memilih keluar dari perubahan konfigurasi wallpaper ini.

Tentu saja mengubah wallpaper secara otomatis harus mengubah ritme ke interval yang sangat panjang atau hanya memilih satu wallpaper sampai sebagaian besar game menyadari permasalahan tersebut. Mari kita berharap Google memberikan perbaikan yang lebih detail dengan pembaruan sistem, karena tentu gamer tidak harus bergantung pada individu untuk memperbaiki masalah tema yang diperkenalkan oleh Android 12, bahkan jika kebanyakan orang mungkin tidak akan mengalaminya.

Oke, itu tadi berita teknologi seputar smartphone Android 12, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.