Google memang selalu bekerja keras untuk terus meningkatkan Chrome OS miliknya, dan terkadang mereka juga menghadirkan fitur yang sudah ada pada Chrome di platform lain. Salah satu tambahan yang sedang dikerjakan oleh Google adalah centralized Sharing Hub yang memang digunakan untuk memudahkan berbagi konten pada aplikasi serta orang lain. Sekarang, para pengguna yang mencoba fitur eksperimental ini juga dapat mengaktifkan tombol copy-to-clipboard yang baru.

Baca Juga:

Perubahan yang Penting Untuk Chrome OS?

Memang tidak bisakkah kita menyalin tautan dengan CTRL+C atau dengan beberapa klik pada mouse?, hal itu memang benar, akan tetapi dalam Chrome OS yang sedang dibicarakan ini, tidak semua orang bekerja dengan metode input yang sama. Mengingat semakin populernya Chromebook yang convertible dengan menggunakan touchscreen interface, fitur baru yang ditemukan oleh About Chromebooks ini terdengar sebuah peningkatan kualitas dan penting. Tentu saja fitur ini harus diuji terlebih dahulu, dan baru-baru ini dalam channel Dev, fitur ini rilis di Chrome OS 97.

Kedua fitur baru tersebut yakni copy-to-clipboard dan juga Sharing Hub masih dalam tahap percobaan. Untuk menggunakan dua fitur ini, kamu harus berada di rilis channel Dev baru-baru ini dan mengubah beberapa flags di pengaturan internal browser kamu. Untuk mengaktifkan Sharing Hub, kamu tinggal ketik chrome://flags#chromeos-sharing-hub di omni bar, lalu pilih “enabled” dari dropdown menu di sebelah kanan.

Setelah mengatur hal tersebut, kamu ketik chrome://flags#enable=sharesheet-copy-to-clipboard dan pilih lagi “enabled” di sebelah kanan. Setelah kamu membuat atau mengaktifkan semua perubahan ini, kamu bisa me-restart browser kamu untuk memeriksa apa yang baru saja kamu aktifkan.

Sharing Hub dapat diakses dengan mengklik ikon share di sebelah kanan omnibar, dan dengan tombol baru ini akan memudahkan kamu untuk menyalin URL halaman yang sedang kamu lihat ke clipboard smartphone agar mempermudah akses pembagian.

Tapi patut untuk diingat, fitur ini masih dalam tahap eksperimental dan belum tersedia di versi stable, jika fitur ini tidak bekerja sempurna dan belum solid jangan terlalu kaget dan tentu saja fitur ini mempunyai resiko yang tinggi yang mungkin bisa mempengaruhi kinerja smartphone kamu. Mudah-mudahan kita akan segera melihat fitur Sharing Hub dalam waktu dekat pada update Chrome OS di masa mendatang

Oke, itu tadi berita teknologi seputar Chrome OS, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.