MediaTek sudah meresmikan Dimensity 9000 5G dan dari pengujian internal yang sudah dilakukan, chip ini punya CPU yang powerfull. Begitu juga dengan Qualcomm, tak lama setelah MediaTek meresmikan chipset andalannya, selang beberapa hari kemudian Qualcomm langsung meresmikan Snapdragon 8 Gen 1, dimana selain punya CPU yang powerfull chip ini juga dilengkapi dengan GPU yang sangat oke.

Bagaimana dengan Samsung?

Rumor menyebutkan bahwa chip Exynos 2200 milik Samsung akan hadir dengan GPU dari AMD dan kabarnya, GPU tersebut mampu menyaingi GPU terbaru milik Qualcomm. Jangankan Qualcomm, GPU chip milik Apple pun rumornya mampu dilibas!

Tapi, informasi terbaru dari AhmedQwaider memperlihatkan hal yang berbeda, menurutnya peningkatan CPU antara Exynos 2100 dan 2200 hanyalah sekitar 5% dan untuk sektor GPU peningkatannya hanya 17%. Angka-angka tersebut berbanding terbalik dengan peningkatan CPU dan GPU yang ada di chip Exynos 990 dan Exynos 2100 yang masing-masing sekitar 30% dan 40%.

https://twitter.com/AhmedQwaider888/status/1475432340482580484?t=uGRllB3LfE3hnZV_EfnqQQ&s=19

Walaupun demikian, ada satu hal yang harus diwaspadai dan itu adalah peningkatan di sektor Neural Processing Unit (NPU) pada Exynos 2200. Dimana klaim terbaru menyebutkan bahwa peningkatan AI pada chip tersebut meningkat sebesar 117%. Tentunya ini akan berdampak positif pada pengalaman fotografi di lini Galaxy S22 nanti dan tentunya akan membuat Bixby bekerja jadi jauh lebih cepat.

Mungkinkah Samsung ingin meniru langkah Google yang lebih memusatkan chip pada Artificial Intelligence dan Machine Learning? Kita gak bakal tau jawabannya sampai mereka meresmikan chip tersebut.

So, untuk informasi yang lebih lengkap, mari kita nantikan saja bersama beberapa waktu ke depan dan pastikan kamu nantikan informasi lengkapnya cuma di DroidPoin.

 

  ⚡️ 8,999 Jutaan! Unboxing Samsung Galaxy S21 FE 5G Resmi Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.