Google Maps baru-baru ini menjadi aplikasi ketiga yang mencapai 10 miliar download di perangkat Android setelah layanan Play dan YouTube. Dengan musim liburan yang semakin dekat, sekarang Google menambahkan beberapa alat baru yang akan bermanfaat ke dalam Google Maps dan yang terpenting mungkin berguna untuk membantu miliaran pengguna tetap aman, merencanakan ke depan, dan menikmati liburan yang sempurna bersama teman dan keluarga.

Baca Juga:

Update Terbaru dari Google Maps

Dengan berkuranganya pembatasan di beberapa tempat, hal ini makin membuat orang bersemangat untuk merencanakan liburan pada akhir tahun. Sebuah fitur kesibukan atau busyness yang sedang Google kembangkan akan membantu kamu untuk mengidentifikasi bagian kota mana yang sedang sibuk kapan saja serta secara realtime.

Untuk sekarang ini, memang hal paling bijak adalah untuk menghindari keramaian, meskipun memang angka Covid-19 sudah bisa ditekan. Nah, fitur baru dari Google Maps ini nantinya akan memberi tahu kamu tentang lingkungan mana yang sepatutnya kamu hindari karena keramaian. Sebaliknya, jika kamu ingin berpesta, maka kamu juga bisa melihat tempat mana saja yang sedang ramai dikunjungi.

Berkat fitur Area Busyness yang baru, kamu dapat mengetuk neighborhood untuk melihat seberapa sibuknya tempat yang ingin kamu kunjungi pada waktu yang berbeda dalam sehari, termasuk dengan restoran, toko, dan tempat lain di dalamnya. Alat yang telah ditingkatkan ini akan hadir di Android dan iOS pada liburan akhir tahun yang akan datang sebentar lagi.

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga mampu untuk membantu orang bernavigasi di dalam gedung yang paling membingungkan sekalipun, tab Direktori di Google Maps diperluas untuk hal-hal seperti bandara, stasiun kereta api, dan pusat perbelanjaan. Tambahan kecil yang penting di sini adalah kategori untuk membantu kamu menemukan apa yang kamu inginkan dalam sekejap.

Misalnya, di dalam Bandara, Anda akan mendapatkan kategori seperti lounge, transportasi, maskapai penerbangan, makanan dan minuman, belanja, ATM, dll. Seperti yang kamu harapkan, kamu juga akan menemukan info tentang peringkat setiap tempat, waktu buka, dan tepatnya di mana kamu dapat menemukan tempat tersebut.

Alat berikutnya mungkin adalah tool yang paling menarik dari semuanya. Tool ini disebut “pickup with Google Maps”, kamu dapat membuat pesanan ke toko ritel, lalu melacak status pesanan kamu, membagikan ETA (estimated time arrive) kamu, dan memberi tahu toko bahwa kamu telah datang, semuanya langsung dari dalam aplikasi.

Cuma untuk sekarang, tools ini hanya tersedia di region Amerika Serikat saja dan kamu juga dapat memesan di toko-toko seperti Fred Meyers, Kroger, Fry’s, Ralphs, dan Marianos. Mulai hari ini, Google Maps telah tersedia di 2.000 lokasi di 30 negara bagian AS. Menurut Google, pengguna biasanya tidak perlu menunggu lebih dari lima menit untuk bahan makanan mereka begitu mereka tiba di toko, sehingga kamu dapat menghemat banyak waktu.

Google juga meluncurkan opsi ulasan yang lebih terperinci sehingga kamu sebagai pengguna dapat menambahkan lebih banyak daftar tentang opsi pengiriman, penjemputan di tepi jalan, tempat duduk di luar ruangan, dan harga per orang. Untuk membantu sebuah perencanaan perjalanan belanja dengan lebih baik, Google juga menerbitkan beberapa tren liburan berdasarkan data Google Maps.

Ini termasuk dengan waktu paling sibuk dan tidak sibuk untuk mengunjungi pusat perbelanjaan, kantor pos, salon, dan juga bandara. Sesuai data yang diambil oleh Google, rata-rata tempat yang disebutkan diatas mencapai puncak keramaian sekitar jam 1 siang di hari Minggu, dan sebaliknya waktu efektif untuk mengunjungi tempat tersebut adalah di hari Kamis sekitar jam 8 malam.

Jika kamu tertarik untuk belanja oleh-oleh, puncak keramaian sekitar pukul 1 siang pada hari Sabtu, sementara lebih mudah berbelanja sekitar pukul 8 malam pada hari Selasa saat tidak terlalu sibuk. Jika kamu ingin mengirimkan beberapa hadiah kepada teman atau keluarga, waktu yang ideal untuk mengunjungi kantor pos adalah sekitar pukul 14:00 pada hari Sabtu. Demikian pula, waktu terbaik untuk mengunjungi salon adalah Senin atau Selasa sekitar jam 7 malam. Bandara di seluruh dunia paling ramai pada hari Sabtu siang, tetapi keadaan akan mereda pada pukul 21:00 pada hari yang sama.

Oke, itu tadi berita seputar update terbaru dari Google Maps, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ 8,999 Jutaan! Unboxing Samsung Galaxy S21 FE 5G Resmi Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.