Home Editorial Apa Penyebab “Parse Error” di Android?

Apa Penyebab “Parse Error” di Android?

Apakah kamu pernah menginstall aplikasi dari luar Play Store (file .APK)? Jika iya, apakah kamu pernah mengalami hal seperti gambar diatas yakni permasalahan saat parsing (mengurai) package?

Sebenarnya kejadian seperti itu cukup jarang terjadi, tapi jika suatu saat kamu kamu yang mengalami hal serupa kamu tak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini DroidPoin akan memberitahu kamu beberapa penyebab permasalahan “Parse Error” pada Android dan cara mengatasinya.

Berikut adalah beberapa penyebab “Parse Error” pada Android:

  • File Manager yang tidak powerfull

Hal pertama yang harus kamu pastikan adalah aplikasi file manager yang kamu gunakan, karena biasanya file manager bawaan pada ponsel kamu masih kalah powerfull dengan aplikasi file manager lainnya yang ada di Play Store.

Ada beberapa aplikasi file manager terbaik di Android seperti File Commander, ASTRO file manager, ES File Explorer, dan masih banyak yang lainya.

  • Perizinan untuk menginstall file .APK (dari luar Play Store)

Jika file manager milikmu sudah kamu ganti dengan yang lebih baik, akan tetapi hal tersebut masih berlanjut, maka ada baiknya kamu cek perizinan untuk menginstall file (.APK) dari luar Play Store.

Biasanya salah satu penyebab dari masalah “Parse Error” di Android adalah masalah perizinan untuk menginstall file dari luar Play Store (.APK).

Buat kamu yang tidak mengetahui cara mengizinkan Android menginstall file (.APK) dari luar Play Store, maka kamu bisa cek tutorial berikut ini

Cara Install .apk Aplikasi Android Diluar Google Play Store
  • File (.APK) yang kamu unduh error atau corrupt (rusak)

Jika dua hal diatas sudah kamu lakukan, maka seharusnya kamu sudah bisa melakukan parsing (mengurai) package dengan baik dan lancar. Tapi, jika hal ini masih tetap kamu alami, mungkin saja masalahnya ada di file tersebut.

Bisa jadi file yang kamu unduh mengalami masalah seperti misalnya corrupt dan yang lainnya, untuk mengatasinya maka kamu harus mengunduh ulang file tersebut atau kamu cari file serupa namun dari sumber yang berbeda.

  • Tidak kompatibel dengan OS Android yang kamu gunakan

Salah satu penyebab hal ini masih terjadi selain ketiga hal diatas adalah masalah pada OS Android yang sedang kamu gunakan. Yap, bisa jadi file .APK yang kamu inginkan tidak mendukung OS Android yang sedang kamu gunakan.

Jadi, silakan kamu lakukan update OS Android milikmu ke versi paling terbaru atau gunakan ponsel yang lebih baru.

Nah, itulah beberapa penybab dari masalah “Parse Error” pada Android dan juga cara mengatasi masalah tersebut.

Semoga bermanfaat. 🙂

  Review Keyboard Logitech K480  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Talk = Do Something “Talk More Do More” | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ‘ ad_jossy ‘.