Home News Inilah Essential Phone: Lebih Bagus dari iPhone dan Ponsel Android Manapun?

Inilah Essential Phone: Lebih Bagus dari iPhone dan Ponsel Android Manapun?

Ketika pencetus Android ikut turun tangan menciptakan ponsel Android, seperti inilah jadinya

Essential Phone Buatan Pencetus Android — Lebih Bagus dari iPhone?
By CARLOS CHAVARRÍA for WIRED

Masihkah kamu ingat dengan bocoran smartphone Android bezel-less yang dibocorkan oleh salah satu co-founder dari Android yakni Andy Rubin beberapa waktu yang lalu?

Baca:

Pada akun Twitter milik Andy Rubin beberapa waktu yang lalu, ia terlihat sedang menggenggam sebuah smartphone Android dengan desain bezel-less. Nah, kini smartphone tersebut resmi diumumkan ke publik!

Smartphone tersebut bernama Essential PH-1. Sebagai informasi, Essential ini merupakan sebuah perusahaan baru milik Andy Rubin yang tampaknya akan fokus merilis smartphone Android flagship.

Smartphone Android Buatan Andy Rubin (Essential) Resmi Diperkenalkan

Lebih Bagus dari iPhone dan Ponsel Android Manapun?

Sesaat setelah diperkenalkan ke publik, berbagai pihak langsung menyatakan bahwa Essential Phone ini lebih bagus daripada iPhone dan mayoritas Ponsel Android lainnya.

1. Bezel-less

Smartphone Essential hadir dengan desain bezel-less disertai layar dan kamera yang unik. Layarnya memiliki desain edge-to-edge, dan hal yang paling unik terletak pada bagian kamera depan, jika biasanya ponsel dengan desain bezel-less (seperti Xiaomi Mi Mix atau Sharp Aquos Crystal) akan memiliki posisi kamera pada bagian bawah layar maka pada ponsel ini kamera depannya berada di tengah layar bagian atas!

2. Body Titanium

Selain itu, body ponsel ini terbuat dari bahan Titanium! Tentunya dengan menggunakan Titanium ponsel ini memiliki daya tahan yang lebih kuat dibandingkan dengan ponsel pada umumnya yang hanya menggunakan Aluminium. Selain itu bagain belakangnya sudah menggunakan keramik dan bagian depan sudah dilindungi oleh kaca Corning Gorilla Glass 5.

Smartphone Android Buatan Andy Rubin (Essential) Resmi Diperkenalkan

3. Spesifikasi Mumpuni

Sekarang kita masuk ke bagian spesifikasi, ponsel ini akan memiliki layar berukuran 5.71-inch dengan resolusi QHD 2560 1312, selain itu ponsel ini akan memiliki rasio layar 19:10. Untuk dapur pacu, smartphone Essential akan menggunakan prosesor Snapdragon 835 octa-core disertai GPU Adreno 540, 4GB RAM dan internal sebesar 128GB, serta akan menggunakan baterai berkapasitas 3040mAh dengan dukungan fast charging (USB Type-C).

Urusan audio sudah didukung dengan noise cancellation dan beam forming, dengan dukungan konektivitas lengkap mulai dari Bluetooth 5.0, WiFi, NFC, serta GPS dan GLONASS.

4. Dual Camera

Untuk kamera, kamu tak perlu khawatir kabarnya ponsel ini akan menggunakan dual kamera 13MP dengan auto focus contrast, phase detect, dan IR Laser Assist Focus. Lalu untuk kamera depan ponsel ini menggunakan kamera beresolusi 8MP, tetapi sudah mampu merekam hingga resolusi 4K.

Essential Phone Buatan Pencetus Android — Lebih Bagus dari Smartphone Manapun?

5. Modular

Tidak hanya sampai disitu, ponsel Essential kabarnya akan memiliki konsep modular (mirip Motorola dengan Moto Mods-nya) yang mana bisa ditambahkan beberapa aksesoris, salah satu diantaranya adalah kamera 360 derajat!

Smartphone Android Buatan Andy Rubin (Essential) Resmi Diperkenalkan

Harga

Sekarang ini, ponsel Essential sudah masuk tahap pre-order dan untuk masalah harga, ponsel ini akan dibandrol dengan harga $699 atau jika dikonversi ke Rupiuah harganya sekitar Rp9,3 jutaan, namun kamu bisa mendapatkan aksesoris kamera 360 derajat hanya dengan menambah $50 atau sekitar Rp670 ribuan. Jadi, dengan Rp10 juta kamu bisa mendapatkan smartphone Essential dengan aksesorisnya, dan ponsel ini kabarnya akan tersedia dengan 4 pilihan warna yakni Black Moon, Stellar Grey, Pure White and Ocean Depths. Akan tetapi untuk tahap pre-order hanay tersedia 2 pilihan warna yakni hitam dan putih.

So, bagaimana pendapat kamu mengenai ponsel Essential ini? Apakah Essential Phone yang didapuk oleh pencetus Android ini lebih menarik dibandingkan iPhone dan ponsel Android lain seperti Galaxy S8?

Berikan pendapat kamu di kolom komentar.

via Essential | images via theverge

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Talk = Do Something “Talk More Do More” | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ‘ ad_jossy ‘.