GPS Androidmu Bermasalah Setelah Update ke Android Nougat? Beginilah Cara Mengatasinya

Seperti yang kamu tahu bahwa Google sudah resmi mengumumkan versi Android selanjutnya yakni Android 8.0 Oreo, akan tetapi sebagain besar user Android sedang mengalami migrasi dari Android Marshmallow dan lainnya ke Android Nougat. (Baca: Pengguna Android Nougat Akhirnya Lebihi KitKat)

Update Android Nougat sendiri sudah mulai banyak digulirkan oleh berbagai OEM, tapi tidak semua yang melakukan update mendapatkan daftar perbaikan yang dijanjikan. Yup, bisa saja perangkat kamu justru mengalami masalah baru!

Selain bisa membuat baterai Android milikmu bisa menjadi lebih boros dan mungkin juga Wi-Fi kamu bermasalah, kamu bisa saja mengalami masalah lainnya seperti masalah pada GPS!

Baca:

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini DroidPoin akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi masalah GPS pada ponsel Android milikmu yang baru saja melakukan update ke Android Nougat. Ada beberapa hal yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah ini dan berikut adalah detail lengkapnya.

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika kamu mengalami masalah ini silakan lakukan restart GPS pada ponsel Android kamu (menonaktifkan dan mengaktifkannya kembali), lalu sambungkan ponsel kamu dengan koneksi yang baru (atau stabil). (Baca: Cara Mengaktifkan GPS di Android)

Jika cara di atas belum memberikan hasil, kamu bisa coba melakukan kalibrasi GPS pada ponsel Android kamu, lalu hapus cache yang ada pada aplikasi Google Maps (atau apapun aplikasi peta yang tengah kamu gunakan).

Jika masih belum berhasil juga, kamu bisa coba melakukan reboot pada ponsel Android kamu. Akan tetapi, jika kamu sudah melakukan reboot dan GPS kamu masih bermasalah maka satu-satunya cara adalah melakukan factory reset, karena dengan melakukan reset maka ponsel Android kamu akan kembali ke kondisi seperti baru dan tentunya berbagai masalah akan hilang

Selain melakukan factory reset, kamu juga bisa melaporkan / memberikan feedback ke OEM bersangkutan dan menunggu update perbaikan hadir ke perangkat Android yang tengah kamu gunakan.

Nah, itulah beberapa tips untuk kamu yang mengalami masalah pada GPS setelah kamu berhasil melakukan update ke Android Nougat. Semoga bermanfaat 🙂

Adrianto Jossy

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra)

Post navigation