Home Smartphone Cara Mengaktifkan Fitur Private Number di Android

Cara Mengaktifkan Fitur Private Number di Android

Via Smart Tricky

Private Number adalah fitur yang sebenarnya telah lebih dulu ada di featured phone yang dapat membuat nomor kita tidak tampak ketika sedang menelpon. Penggunaan layanan ini bukanlah hal yang berbau ilegal bahkan semua provider termasuk Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL, Axis, maupun Three juga mendukung adanya fitur ini.

Seperti yang kita katakan di awal, cara kerjanya bila kamu mengaktifkan fitur ini ketika kamu menelpon orang lain maka tidak akan tertampil nomor kamu yang tertampil hanya nama kontak yang tertulis Private Number atau Unknown Number.

Namun untuk alasan apa menggunakan layanan ini?, tentu ada 1001 alasan buat kamu untuk memberikan alasan menggunakan fitur ini dan salah satunya pasti ada kata mengerjai teman ketika berulang tahun.

Tetapi alasan utama bagi provider menyediakan layanan ini ialah untuk melindungi kerahasian nomor pribadi seseorang, jadi ya seperti agen-agen khusus pastinya.

Dan untuk mengaktifkan fitur Private Number di Android, caranya ialah sebagai berikut:

Cara Mengaktifkan Fitur Private Number di Android

Ada dua cara untuk melakukannya, yakni melalui menu pengaturan dan langsung dengan dial number.

Melalui Menu Pengaturan

  • Pergi ke menu Settings > Call Settings > Additional Settings > Caller ID.
  • Kemudian pilih Hide Number

Karena setiap menu pengaturan di Android berbeda-beda, kamu dapat memanfaatkan kolom pencarian di menu pengaturan tersebut dengan menuliskan Caller ID lalu pilih Hide Number.

Dengan cara diatas maka sepenuhnya nomor kamu akan tertampil Private Number, namun bila kamu ingin menampilkannya kembali pastikan pergi ke menu yang sama dan pilih Network Number atau Show Number.

Melalui Menu Dial Number

Cara ini sangat mudah, kamu cukup menambahkan kode #31# di setiap nomor yang ingin kamu telpon menggunakan Private Number.

Jadi pergi ke menu dial lalu tulis #31#081342xxx maka secara otomatis akan menghilangkan nomor kamu di smartphone yang di tuju.

Baca Juga:

Yap.. meski pun mudah diaktifkan, tapi tentu saja gunakanlah fitur ini secara bijak ya teman-teman :).

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Ask me everything about Windows & Android via Twitter @UFebri | Trying to hard wanna be a Web Backend | Use @Uray Febri if u need fast response on disscuss comment