via YouTube/JerryRigEverything

Layar fleksibel pada smartphone yang bisa dilipat seperti Galaxy Fold ataupun Motorola RAZR umumnya terbuat dari bahan plastik. Tapi yang dihadirkan Galaxy Z Flip berbeda, ia juga menggunakan bahan kaca.

Samsung menyebutnya sebagai “Ultra Thin Glass” yang diharapkan membuat layar Galaxy Z Flip lebih tahan goresan, dan lebih awet dibanding layar berbahan plastik yang mudah digores dengan kuku jari saja.

Baca juga:

Tapi sepertinya bahan kaca di Galaxy Z Flip ini bisa dipertanyakan banyak kalangan. Zack Nelson menguji layar smartphone ini di akun YouTube JerryRigEverything.

Hasilnya? Layar Galaxy Z Flip bisa mudah tergores. Saat dicoba digoresi, layar smartphone ini mulai tergores pada skala 2 Mohs. Artinya, smartphone ini bisa mudah tergores dengan kuku jari saja.

Jika dibandingkan dengan smartphone-smartphone kebanyakan dengan layar kaca lain yang diuji Zack, layarnya akan mulai tergores pada skala 6, dan goresan yang lebih dalam pada skala 7. Layar Galaxy Z Flip ini pun seakan-akan menjadi mirip dengan Galaxy Fold ataupun Motorola RAZR, yang keduanya sama-sama mudah tergores dengan jari.

Di akhir video, Zack sekali lagi mencoba menguji ketahanan layar Galaxy Z Flip dengan melubanginya, namun tidak ada keretakkan ataupun serpihan kaca yang muncul dari layar.

Layar berlapis kaca Galaxy Z Flip ini pun dipertanyakan mengenai proses pembuatan hingga bagaimana caranya agar dapat lebih lentur. Namun saat ditanyakan, Samsung menolak memberikan jawabannya. Samsung hanya memberikan penjelasan singkat mengenai teknologi Ultra Thin Glass yang dipakai.

“Teknologi UTG (Ultra Thin Glass) Samsung jenis yang pertama berbeda dari perangkat flagship Galaxy lain. Ketika layar tidak tertekuk, ini harus ditangani dengan hati-hati. Juga, Galaxy Z Flip memiliki lapisan pelindung diatas UTG seperti di Galaxy Fold.”

Sepertinya Samsung ingin menegaskan kalau layar UTG berbahan kaca tersebut masih dilapisi dengan pelindung layar yang diberikan Samsung. Sehingga, saat digoresi akan lebih dulu mengenai pelindung layar.

via Samsung/The Verge

Tapi Samsung akan memberikan layanan Premier Service yang menawarkan penggantian layar satu kali secara gratis senilai 119 Dollar AS. Selain itu, pengguna Galaxy Z Flip juga bisa mendapatkan pelindung layar gratis sebanyak satu kali.

Mungkin layar Galaxy Z Flip tak sepenuhnya berbahan kaca, tapi menjadi tak tepat rasanya Samsung mengembor-gemborkan bahan kaca jika mudah tergores.

Kalau menurut kamu bagaimana?

via The Verge

  Smartwatch Terbaik dari Huawei..!! Huawei Watch GT 2 Pro Indonesia Unboxing + Review Singkat! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.