via The Verge

Setelah diumumkan akan ditutup, Google akhirnya resmi menutup layanan streaming musik mereka, Google Play Music. Seluruh penggunanya akan dialihkan ke platform Google yang lain.

Google resmi mengakhiri Google Play Music yang saat ini tersedia di Android, iOS, dan website. Saat aplikasi dibuka, Google Play Music langsung tak dapat diakses dan muncul keterangan “Google Play Music is no longer avaiable.”

Baca juga:

Pengguna akan langsung ditawarkan dengan dua opsi, “Manage your data” atau “Transfer to YouTube Music.” Google sebelumnya juga mengatakan tak melepas begitu saja pengguna Google Play Music.

via 9to5Google

Pengguna Google Play Music dapat mentransfer sejumlah konten yang terdapat pada aplikasi ini ke YouTube Music, yang dihadirkan Google untuk menggantikan Google Play Music. Konten tersebut diantaranya music library dan konten musik yang telah dibeli.

Google Play Music mulai ditutup pada September lalu di Selandia Baru dan Afrika. Sementara itu mulai Oktober, Google akan menutup Google Play Music di negara-negara lain hingga Desember mendatang.

Barulah, pada Desember tersebut, Google Play Music sudah benar-benar tidak bisa diakses lagi. Pengguna juga tidak lagi bisa memindahkan konten mereka ke YouTube Music.

Setelah Google Play Music berakhir, Google akan menggantinya dengan YouTube Music dan aplikasinya tersedia secara pre-installed pada smartphone Android baru.

Google Play Music lahir sejak 16 November 2011. Layanan streaming musik ini hadir di 63 negara. Indonesia sendiri tak terdampak penutupan Google Play Music sebab layanan ini tak tersedia di Indonesia.

via 9to5Google

  Technow #46: Snapdragon 888..!! RIP Galaxy Note? Bliss OS, iPhone 13 Periscope Zoom!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.