via Samsung

Setelah sempat menyindir Apple karena menghilangkan charger dan earphone di iPhone 12, Samsung sepertinya bakal mengikuti jejak Apple tersebut di Galaxy S21. Apa alasannya?

Sebuah media asal Korea Selatan mengatakan Samsung tengah mempertimbangkan menghilangkan charger dan earphone yang selama ini selalu menemani smartphone Samsung. Nantinya kebijakan ini akan berlaku ke seluruh lini Galaxy S21.

Baca juga:

Sementara itu salah seorang sumber dalam industri mengatakan, kemungkinan Samsung hanya menghilangkan salah satu dari dua aksesori tersebut. Dikatakan kemungkinan earphone tak disertakan dalam box penjualan Galaxy S21, sehingga pembeli hanya dapat chargernya saja.

Galaxy S21 sendiri rumornya mampu diisi cepat hingga kekuatan 65W, tapi Samsung dikabarkan tidak menyediakan charger 65W tersebut dalam paket penjualan (Baca: Galaxy S21 Punya Dukungan Fast Charging 65W, Tapi . . .). Hal ini dinilai cukup masuk akal jika hanya earphone saja.

Kalau Samsung ingin menghilangka earphone, sebetulnya bukan hal yang baru. Di Amerika Serikat, Galaxy Note 20 dijual tanpa earphone AKG USB-B. Namun pembeli masih bisa mendapatkannya secara gratis dengan mengklaim ke customer service.

Jika Apple berdalih menghilangkan charger dan earphone karena alasan lingkungan, di Samsung lebih kuat ke bisnis. Samsung bisa dapat margin penjualan Galaxy Buds yang lebih tinggi dari sebelumnya imbas dihilangkannya earphone.

Namun kalau keduanya betul dihilangkan, sangat ironis. Samsung terkesan ‘menjilat ludahnya sendiri’ karena pernah megolok-oloknya.

Namun bukan kali yang pertama bagi Samsung yang akhirnya mengikuti kompetitornya. Sebelumnya Samsung pernah mengejek iPhone 7 yang tak punya jack audio, meski akhirnya ada smartphone Samsung yang tidak memilikinya.

Apa komentar kamu?

via SamMobile

  Technow #46: Snapdragon 888..!! RIP Galaxy Note? Bliss OS, iPhone 13 Periscope Zoom!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.