via CNET

Tahun 2017 menjadi tahun kembalinya Nokia pada pasar ponsel dunia, melalui HMD Global selaku pemegang lisensi dan produsennya. Di tahun ini, penjualannya terbilang cukup lumayan.

Dalam riset Counterpoint menunjukan HMD Global sukses menjual 4,15 juta unit smartphone Nokia di seluruh dunia pada kuartal 4 tahun lalu. Selama tahun 2017, totalnya ada 8,45 juta unit smartphone Nokia yang laku terjual.

via Counterpoint / nokiamob

Counterpoint juga merilis perbandingan hasil penjualan smartphone Nokia oleh HMD, Nokia Lumia, dan iPhone buatan Apple. Hasilnya, penjualan smartphone Nokia buatan HMD Global tidak turun sepanjang tahun, bahkan berada di posisi puncak di kuartal 4 2018.

Hal yang berbeda justru terjadi pada iPhone dan Nokia Lumia, meski sempat naik pada 3 kuartal tahun 2018, namun turun pada kuartal 4 2018.

via Counterpoint / nokiamob

Pada riset ini juga mengatakan, HMD Global memiliki market share sebesar 1 persen selama tahun 2017. Sebuah prestasi yang lumayan untuk di tahun pertama.

Baca Juga:

Selain merilis data untuk HMD Global, Counterpoint juga mempublikasikan hasil riset jumlah pengapalan smartphone selama kuartal 4 2017, yang hasilnya hanya Xiaomi saja yang pengapalannya meroket hingga 83 persen dibanding periode yang sama pada tahun 2016.

Pabrikan lain justru pengapalannya menurun, ada yang turun tipis seperti Apple dan LG yang hanya 1 persen, Vivo dan Oppo sebesar 4 persen, dan Samsung sebesar 5 persen. Ada pula yang besar seperti Lenovo yang turun 13 persen, dan ZTE yang terjun bebas 41 persen.

via Counterpoint / nokiamob

HMD Global sendiri akan diketahui masih akan menyiapkan ‘amunisi’ pada tahun 2017 ini. Dari rumor yang beredar, ada smartphone Nokia 9, Nokia 7 Plus, Nokia 8 Sirroco, hingga Nokia 1 yang dikatakan menjadi smartphone Android Go perdana. Ada juga Nokia Asha yang dikatakan akan dihidupkan kembali.

Mereka rencananya akan menggelar suatu acara pada Mobile World Congress 2018 di Barcelona, Spanyol.

Kita tunggu saja kiprah Nokia yang comeback dibawah bendera HMD Global ini!

via Nokiamob

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.