via CNET

Dahulu, Huawei pernah menyebut sistem operasi buatannya, Hongmeng OS tidak akan digunakan untuk smartphone. Namun Huawei sepertinya bakal tetap menyiapkan sistem operasi ini untuk smartphone.

Dilasir dari media lokal Tiongkok, Global Times, Huawei disebutkan tengah menguji smartphone dengan Hongmeng OS. Huawei dikabarkan juga bakal mempersiapkan sebuah smartphone yang memakai Hongmeng OS dengan harga yang murah.

Baca Juga:

Smartphone Hongmeng tersebut bakal dibanderol dengan harga sekitar 2.000 Yuan atau sekitar 4 jutaan. Sistem operasi ini juga ingin digunakan Huawei pada smartphone kelas bawah atau low-end.

Menanggapi kabar ini, Huawei tak memberi komentar apapun saat ditanyakan Reuters.

Sebelumnya Chairman Huawei, Liang Hua mengatakan Huawei tak mengembangkan Hongmeng OS untuk perangkat smartphone, melainkan perangkat Internet of Things atau IoT dan menjadi strategi jangka panjang Huawei. (Baca: Huawei: Hongmeng OS Dibuat Bukan Untuk Smartphone)

Pernyataan ini juga diperkuat petinggi Huawei lainnya, Catherine Chen yang menyebut Huawei akan tetap setia bersama Android pada smartphone. Ia juga menambahkan Hongmeng OS akan lebih diperuntukkan kalangan industri.

Sedianya Huawei lewat sub-brand mereka, Honor akan meluncurkan perangkat smart TV baru yang memakai Hongmeng OS. Smart TV inilah yang menjadi perangkat pertama yang memakai Hongmeng OS.

Kabar uji coba Hongmeng OS di perangkat smartphone juga pernah mencuat beberapa waktu yang lalu. Kala itu OS buatan Huawei ini digosipi sedang diuji di Mate 30.

via Reuters

  Nyesel Beli Telkomsel By.U..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.