via HMD Global / Nokia

Masih ingat Light? Perusahaan kamera dibalik smartphone lima kamera pertama di dunia, Nokia 9 PureView ini memutuskan hengkang dari industri smartphone.

Dalam pernyataannya, Light mengatakan “tidak lagi beroperasi dalam industri smartphone.” Ini artinya, kedepannya kita tak akan menemukan smartphone dengan kamera Light lagi.

Baca juga:

Nokia 9 PureView juga sekaligus menjadi smartphone pertama dan terakhir yang menggunakan kamera dari Light.

Pada tahun lalu, Light diketahui masih sempat mempromosikan teknologi kameranya di smartphone. Berdasarkan arsip dari Wayback Machine, promosi tersebut masih dilakukan hingga 31 Juli 2019. Sejak Agustus, Light mempromosikan untuk penggunaan otomotif.

Light mulai terkenal sejak meluncurkan kamera Light L16 yang mempunyai 16 buah kamera dalam satu perangkat, yang tiap kameranya punya fungsi yang berbeda-beda. Klaimnya, kamera compact ini bisa menangkap gambar dengan resokusi tinggi serta HDR yang lebih baik.

Meski begitu, harganya cukup tinggi kala itu yang mencapai 2000 Dolar AS, dan tetap mendapat berbagai kritikan semisal kecepatan pengambilan gambar yang lamban, serta performa yang lambat kala memotret gambar low-light.

Light mencoba peruntungan di smartphone. Bekerja sama dengan HMD Global, Light membuat kamera untuk smartphone flagship Nokia 9 PureView. Berbeda dengan Light L16 yang mempunyai berbagai pilihan lensa seperti wide-angle dan telephoto, di Nokia 9 PureView ini hanya ada tiga lensa monochrome 12MP, dan dua lensa RGB 12MP.

Berbekal senjata lima kamera tersebut, tak berarti hasil foto Nokia 9 PureView ini bagus. DxOMark pernah menguji kamera smartphone ini, dan hasil skornya justru jeblok.

Pada 2019 lalu, Light menjalin kerja sama dengan Xiaomi dan Sony. Dalam kerja sama tersebut, Light dan Xiaomi akan mengembangkan teknologi Light pada kamera ponsel. Adapun Sony bekerja sama dengan Light untuk mengintegrasikan teknologi Light dengan sensor kamera Sony.

Namun setelah pamitnya Light dari industri smartphone, nasib kerja sama mereka dengan Xiaomi belum ada kejelasannya.

Kabar ini seakan menjadi kepastian smartphone penerus Nokia 9 PureView, Nokia 9.3 PureView tak menggunakan kamera dari Light.

via Android Authority

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.