Kurang dari 3 minggu lagi event MWC 2019 bakal segera dilangsungkan di Barcelona, Spanyol dan tentu saja di event tersebut akan ada banyak xsekali perangkat serta hal-hal keren yang akan dipamerkan oleh berbagai OEM, maklum karena ini merupakan salah satu event teknologi terbesar untuk tahun ini.

Nah, di kesempatan kali ini, DroidPoin akan coba bagikan jadwal MWC 2019 serta prediksi mengenai apa-apa saja yang akan diresmikan oleh berbagai OEM tersebut. Buat yang sudah penasaran, berikut ini adalah detailnya:

24 Februari 2019

Kita mulai di hari pertama MWC, yakni pada tanggal 24 Februari mendatang. Kabarnya ada beberapa OEM yang sudah siap menjadi tamu pada event tersebut. Pertama, ada Huawei, LG dan tentu saja HMD Global (Nokia).

  • Huawei
via Weibo

Huawei rencananya akan melangsungkan event mereka pada tanggal 24 Februari mendatang pukul 14.00 waktu setempat atau jika dikonversi ke WIB maka akan dilangsungkan pukul 20.00 WIB. Awalnya banyak yang mengira jika Huawei akan merilis seri ponsel Huawei P30, namun belakangan ini terungkap jika ponsel tersebut akan dirilis pada acara tersendiri pada bulan Maret mendatang di Paris, Prancis sama seperti pendahulunya (Huawei P20).

Baca juga:

Jadi, kemungkinan besar mereka hanya akan memamerkan seri ponsel foldable miliknya sekaligus menjadi ponsel pertama Huawei yang mendukung jaringan 5G. Untuk info yang lebih lengkap, mari kita nantikan saja ketika event tersebut dilangsungkan.

 

  • HMD Global (Nokia)
via suomimobiili.fi

Selain Huawei, ada juga HMD Global atau yang kita kenal sebagai Nokia. Rencananya mereka akan merilis beberapa seri perangkat sekaligus mulai dari seri featurephone, budget smartphone hingga seri flagship. Ada 2 perangakat yang hampir pasti akan diresmikan oleh HMD Global (berdasarkan bocoran poster beberapa waktu lalu) pada event tersebut yakni Nokia 9 PureView dan Nokia 6.2 yang menggunakan punch-hole atau menurut Samsung adalah Infinity-O Display.

Tidak seperti Huawei, HMD Global masih belum mengungkapkan waktu (jam) mengenai kapan mereka akan melangsungkan event tersebut. Tapi, jika ada informasi terbaru seputar hal ini, DroidPoin pasti akan segera mengabarkannya ke kamu.

 

  • LG
via LG Mobile

Yang terakhir dari lini smartphone ada LG, kemungkinan besar LG akan menghadirkan dua seri smartphone flagship sekaligus pada event MWC kali ini dan ini bakal jadi kali pertama LG merilis seri LG ‘G’ dan LG ‘V’ secara bersamaan.

Untuk LG G8, bocorannya sudah cukup banyak DroidPoin bahas dan untuk LG V50 belum ada hal yang bisa DroidPoin sampaikan, tapi yang paling menarik dari LG kali ini adalah hadirnya dukungan fitur 3D touch (LG kemungkinan besar menyebutnya sebagai Air Gesture), dimana memungkinkan pengguna mengoperasikan smartphone tanpa harus menyentuh layarnya. Hal ini mirip seperti konsep 3D Touch yang pernah dikembangkan Microsoft beberapa waktu yang lalu di ponsel Lumia 1030.

 

  • Microsoft
via Microsoft

Dan hal mengejutkan pun terjadi di MWC 2019, dimana Microsoft akhirnya hadir lagi untuk pertama kalinya setelah vakum cukup lama di event MWC. Akankan mereka merilis ponsel baru? Sepertinya tidak!

Microsoft kemungkinan besar akan memperkenalkan HoloLens versi terbaru karena hadirnya Alex Kipman disana. Untuk saat ini belum diketahui secara detail apa saja peningkatan yang akan diberikan oleh Microsoft di HoloLens 2 ini, tetapi sepertinya generasi ke-2 HoloLens kemungkinan besar akan mengatasi banyak masalah yang sempat hadir di HoloLens generasi pertama, antara lain ada masalah field of view dan daya tahan baterai.

 

25 Februari 2019

Setelah Huawei, HMD Global (Nokia), LG dan Microsoft memamerkan perangkat mereka di hari pertama, keesokan harinya akan ada Samsung dan Sony yang tentu tak ingin ketinggalan memanfaatkan momentum MWC 2019.

  • Samsung
via Samsung

Untuk tahun ini, Samsung dipastikan tidak akan merilis device terbaru mereka di MWC 2019 karena mereka bakal meresmikan seri perangkat terbarunya pada event terpisah yang akan dilangsungkan tanggal 20 Februari nanti. Walaupun demikian meraka akan tetap menghadiri event MWC 2019 dan memamerkan beberapa seri ponsel teranyar miliknya termasuk seri Galaxy S10e, Galaxy S10 (reguler) dan Galaxy S10+.

Baca juga:

Mungkin juga di MWC nanti kita akan melihat seri Galaxy F atau ponsel foldable pertama milik Samsung. So, untuk informasi yang lebih detail mari kita nantikan saja bersama beberapa waktu ke depan.

 

  • Sony
via Xperia Blog

Selain Samsung ada juga Sony, pabrikan ponsel asal Jepang tersebut rencananya akan merilis seri Xperia XZ4 dan beberapa seri ponsel mid-end seperti Xperia XA3, XA3 Ultra dan L3 di event MWC kali ini.

Baca juga:

Sebagai tambahan informasi untuk kamu, seri Xperia tahun ini (flagship dan juga mid-end) kemungkinan besar bakal punya desain yang benar-benar berbeda dimana ponsel tersebut punya rasio layar 21:9, sehingga membuatnya jauh lebih panjang dan nyaman untuk digenggam.

Nah, itulah gaes jadwal MWC 2019 beserta prediksi apa saja perangkat yang akan diresmikan di event tersebut. Kalau menurutmu, mana yang paling menarik? Silakan berikan pendapatmu di kolom komentar.

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.